Harap Tunggu…

Frequently Asked Questions

PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Pangkat Asisten Manajer, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

Rekrutmen PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia menggunakan 2 (dua) metode yaitu :
a. Open Recruitment
b. Targeted Recruitment

  1. Open Recruitment

    Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.

  2. Targeted Recruitment

    Targeted recruitment merupakan salah satu jalur penerimaan PCPM Bank Indonesia yang dilakukan secara targeted bekerjasama dengan beberapa pihak, diantaranya Perguruan Tinggi dan Lembaga Penyedia Beasiswa.

  • Matematika/ Aktuaria
  • Statistika
  • Teknologi Informasi
  • Teknik Informatika
  • Sistem Informasi
  • Ilmu Komputer
  • Seluruh Program Studi Teknik
  • Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
  • Ilmu Ekonomi Syariah/Islam
  • Akuntansi
  • Agribisnis
  • Ilmu Hukum
  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Komunikasi
  • Psikologi
  • Manajemen

Informasi mengenai jurusan/program studi dan persyaratan lainnya dapat dilihat pada poster yang terdapat di media cetak (harian Kompas), media sosial Bank Indonesia, website Bank Indonesia, dan website recruitment https://pcpm38.rekrutmenbi.id .

Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia.

Periode pelaksanaan online application dilakukan mulai tanggal 9 September 2023 (Pukul 00.01 WIB) sampai dengan tanggal 14 September 2023 (Pukul 24.00 WIB).

Berikut adalah data-data yang perlu diisi dengan lengkap saat masuk ke dalam menu Curriculum Vitae agar dapat melakukan lamaran:

a. Data Diri

b. Alamat

c. Pendidikan

d. Pengalaman Kerja

e. Pengalaman Organisasi

f. Keluarga

g. Kompetensi dan Sertifikat

h. Prestasi

i. Data Pendukung

 Setelah melengkapi data di atas, maka Saudara/i dapat melanjutkan proses lamaran.

Dokumen yang diunggah (upload) pada saat pelaksanaan online application antara lain:

  • Scan identitas diri (KTP) – mandatory;
  • Scan ijazah - mandatory;
  • Scan transkrip nilai - mandatory;
  • Scan SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri);
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) status aktif sampai tahap Tes Kesehatan dan Psikiatri;
  • Scan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).

Peserta tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara peserta dapat menyampaikan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti Ijazah dan Transkrip Nilai Sementara sebagai pengganti Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir). Apabila peserta lolos hingga seleksi tahap akhir, maka peserta diwajibkan untuk menyampaikan  dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.

Peserta tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama anda memenuhi persyaratan administrasi. Namun, apabila peserta dinyatakan lulus seleksi, peserta hanya dapat bekerja di BI selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di BI dengan kriteria sebagai berikut:

  • Saudara (kandung/tiri/angkat) yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik);
  • Suami/istri yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik); atau
  • Orang tua (kandung/tiri/angkat) dan mertua yang kedua-duanya masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan Bank Indonesia (organik / non organik). Peserta hanya diperkenankan memiliki salah satu hubungan keluarga dengan orang tua atau mertua saja.

Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (Maks 4.00) dan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Ditjen Diktiristek.

Silahkan mengunjungi website rekrutmen PCPM https://pcpm38.rekrutmenbi.id  dan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Daftar.
  2. Mengisi nama lengkap, alamat email, nomor KTP dan password.
  3. Setelah berhasil mendaftar, Saudara/i dapat langsung akses dengan klik tombol Masuk dan mengisi alamat email & password akun yang sudah didaftarkan.
  4. Melengkapi formulir online application dengan lengkap dan upload dokumen pendukung.
  5. Jika telah melengkapi seluruh data dan upload dokumen dengan benar, silakan lanjut ke menu "Pengumuman", klik "Surat Pernyataan" kemudian klik "Lamar".

Peserta dimungkinkan untuk mengikuti kedua jalur secara bersamaan, namun apabila telah lulus tahap jalur kesehatan jalur targeted recruitment maka proses seleksi di jalur open recruitment tidak dilanjutkan.

Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:

  • Processor Core i3 atau setara
  • RAM 4GB
  • HDD 500 GB
  • OS Windows/Linux/Mac versi terbaru
  • Dilengkapi perangkat web cam, audio, microphone dan mouse. 
  • Tidak menggunakan mobile phone

Tidak ada perbedaan perlakuan setelah dinyatakan lolos seleksi. Peserta dari jalur targeted maupun open recruitment akan menjalani masa pendidikan (program on boarding) bersama-sama sebagai peserta PCPM.

Pelamar dapat klik tombol lupa password di halaman login. Kemudian reset password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan.

Pengisian online application dilakukan dengan menggunakan salah satu pilihan browser berikut: 

  • Mozilla Firefox minimal versi 116 yang dapat menerima cookies.
  • Google Chrome minimal versi 116 yang dapat menerima cookies.
  • Microsoft Edge minimal versi 116 yang dapat menerima cookies.

Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email (no-reply@pcpm.rekrutmenbi.id) pada akun yang didaftarkan dan dapat dilihat pada menu “Lamaran Saya” melalui website rekrutmen. Peserta dapat melakukan pengecekan email pada inbox, jika tidak terdapat email pemberitahuan pada inbox silakan melakukan pengecekan pada spam atau all email.

Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Pelaksanaan Tes Psikiatri dan Kesehatan akan dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan Tes Psikiatri dan Kesehatan. Segala bentuk biaya transportasi dan akomodasi yang timbul dari pemilihan lokasi Tes Psikiatri dan Kesehatan akan menjadi tanggungan peserta. 

Jika peserta belum klik tombol simpan atas data yang telah diisi maka akan hilang data tersebut pada saat terjadi gangguan jaringan atau listrik padam. Untuk itu, disarankan agar setiap pengisian melakukan klik  tombol simpan secara berkala pada setiap tahapan menu (Data Diri, Alamat, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengalaman Organisasi, Keluarga, Kompetensi dan Sertifikasi, Prestasi dan Data Pendukung).

Proses penyimpanan dilakukan per halaman tes online secara otomatis. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan jaringan maka peserta dapat mengulang kembali proses pengerjaan tes online mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada (jangan melakukan Clear Cache).

Pada saat listrik padam atau gangguan jaringan, waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai di awal pengerjaan. Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat tes online tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.

Peserta tidak diperkenankan pindah kota lokasi tes apabila sudah memilih kota pada tahap pendaftaran atau pengisian online application.

Dokumen yang sudah disampaikan menjadi milik Bank Indonesia dan tidak dapat dikembalikan.

Jika peserta tidak mengklik tombol bersedia, maka tidak dapat melanjutkan pengisian data dan mengikuti proses lamaran.

Peserta diharapkan untuk teliti dan fokus dalam melakukan pengisian data pada formulir ataupun menyampaikan dokumen di website rekrutmen PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia. Segala bentuk informasi yang telah disampaikan oleh peserta tidak dapat diubah dan Panitia Seleksi PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kelalaian peserta dalam pengisian data/informasi yang berimplikasi terhadap keikutsertaan peserta dalam seleksi PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia.

Peserta yang sudah klik surat penyataan dan tombol Lamar akan mendapatkan email notifikasi dengan subjek [Informasi] Melamar PCPM Angkatan 38 Bank Indonesia. Peserta juga dapat mengakses website dan melihat pada menu Lamaran Saya untuk pengecekan status applicant journey, dengan tampilan sebagai berikut:



Selama pengisian aplikasi lamaran online, contact center dibuka selama 24 jam. Untuk tahapan berikutnya, layanan contact center dibuka pada jam kerja. Khusus selama pelaksanaan tes online, terdapat media layanan lain yang diberikan yakni media chat (Telegram : @pcpmbi_bot)

Silahkan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada nomor: 021-80602112.

Perangkat pada saat tes trial dan tes online sebaiknya sama, jika perangkat yang digunakan pada saat tes trial sudah benar dan tidak mengalami kendala, maka disarankan tidak menggunakan perangkat lainnya. Jika pada saat pelaksaanan tes trial mengalami kendala perangkat, silakan coba mengganti perangkat lainnya. 

Sebelum melaksanakan TPU, TPK dan Bahasa Inggris peserta diwajibkan mengunduh aplikasi Save Exam Browser (SEB) yang dapat diunduh melalui link berikut : https://safeexambrowser.org/download_en.html

Peserta dapat mengecek file download dan melanjutkan install dengan klik 2x.

Peserta tidak boleh membuka tab atau aplikasi lain selama online tes, SEB akan menghimbau untuk menutup tab atau aplikasi lain yang dibuka dengan mengklik tombol YES. Jika masih ingin membuka file lain selama online test maka online test tidak dapat dilanjutkan. 



Bantuan

Contact Center Rekrutmen 021-80602112